SELAMATAN GILING SF. ASSEMBAGOES 1891-2021 (part 2)

-

Wisata Situbondo || Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia segala sesuatunya pasti di awali dengan doa, karena agama islam sudah mengajarkan demikian, agama sebagai penuntun dan panduman hidup manusia menjadi sesuatu yang hal utama. Demikian pun malam ini geeessshh... sore tadi sahabat saya memberi info kalau di lingkungan paberik gula Asembagus akan ada acara ritual lagi sebagai bagian dari rangkaian acara budaya beberapa hari lalu, yaa...... kelanjutan dari acara Selamatan Komantan Tebbhu.



Ritual seperti ini sudah sering diadakan setiap tahunnya, hanya pada beberapa tahun terakhir Paberik Gula Asembagus sedang restorasi upgrade permesianan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas, akhirnya kegiatan seperti ini dibuat sederhana saja, apalagi kondisi situasi pandemik seperti ini juga menjadikan lebih terbatas. Jika acara kemarin adalah selamatan di areal perkebunan, malam ini dilakukan di areal pabrikasi, demikian seperti yang disampaikan sahabat saya Mas DIPO (manager akuntansi keuangan dan umum).


Acara selamatan di areal mesin


Kegiatan Selamatan Giling PG Asembagus 2021 mengambil tema " Dengan Core Value Ahlak Bersama Kita Raih Kejayaan PG Assembagoes Untuk Menuju Kesejahteraan Bersama".



Dalam acara yang dihadiri oleh Administratuur, beberapa manager, staf karyawan, forkopimka, perwakilan APTR (asosiasi petani tebu rakyat) dan tokoh masyarakat, secara spesial mengundang tokoh agama muda kharismatik Kyai Haji Azzaim Ibrahimy, pengasuh PP. Syalafiyah Syafiiyah Sukorejo dan tentu saja 100 orang anak yatim piatu di sekitaran asembagus. 



Berhubung kondisi pandemik, untuk masuk ke acara ini pun di screening ketat sesuai aturan protokol kesehatan melalui pemberian masker bagi peserta yang tidak membawanya, cek pengatur suhu personal, penggunaan handsanitizer, jaga jarak duduk yang teratur, kenapa? nggak percaya? coba deh cek video dibawah ini 😁🤭


Pada kesempatan ini, saya pun diajak ke beberapa spot unik di dalam PG Asembagus oleh mas Wahid seperti masuk ke beberapa tempat namanya ST Gilingan, Kawasan parkiran karyawan, ruang Administratur, bahkan makam orang belanda yang kemungkinan salah satu pembesar PG Asembagus di jaman belanda, simak deh videonya kalau nggak percaya 😁



Oke gaeeesshh....liputan cerita mimin, mengikuti acara selamatan sampai disini dulu ya, mari kita doakan bersama semoga apa yang menjadi niat hajat atas doa-doa yang diikuti oleh para peserta Selamatan Giling 2021 ini menjadi terkabul dan dharma bagi kita semua, amin 🙏 (AG)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama