Indahnya Plaza Rengganis, Wisata Alam di Lereng Gunung Argopuro, Situbondo-Jatim

Indahnya Plaza Rengganis, Wisata Alam di Lereng Gunung Argopuro Jatim
Wisata Situbondo, Tahun 2020 kali ini masyarakat telah memiliki berbagai alternatif pilihan wisata di berbagai tempat di Kabupaten Situbondo, dimulai dari wisata berbasis pantai, wisata organik hingga pegunungan.

Plaza Rengganis Sumbermalang, Merupakan Wisata Alam yang dilaunching pada tanggal 17 Desember 2018, saat ini mampu menampilkan daya tarik tersendiri untuk memikat hati para pengunjung. Apa yang ditawarkan oleh Wisata Plaza Rengganis? Destinasi Wisata Alam Plaza Rengganis saat ini terus berbenah menjadi salah satu taman wisata di Kabupaten Situbondo dengan jarak tempuh wisata sekitar 3 Km dari pintu masuk wisata.

Sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan berbagai spot selfie sebelum memasuki lokasi wisata utama Plaza Rengganis.

Spot Area Shelter Baderan

Area Shelter Baderan merupakan lokasi even tahunan Argopuro Festival berjarak -+300 m dari pintu masuk Wisata, di Shelter Baderan disajikan pemandangan alam bisa menjadi tempat berfoto selfie pengunjung yang berlatarkan pemandangan bukit dan lembah pegunungan hyang timur Argopuro.

Spot Batu Lawang (Batu Pelangi)

Spot batu lawang 1 km dari pintu masuk terdapat lokasi yang menurut masyarakat setempat bernama Beto Labeng (Batu lawang), konon ditempat ini sebelum di buka akses pelebaran jalan umum terdapat batu yang berbentuk pintu, batu lawang jika diartikan dalam bahasa madura ialah batu pintu atau batu berbentuk pintu

Namun saat ini lebih dikenal dengan lokasi batu pelangi / batu warna-warni, karena terdapat beberapa batu besar berwarna. Ditempat ini pula tersedia spot selfie dari kayu berbentuk love dan paling digemari untuk berswafoto oleh para muda-mudi. masih dalam dilokasi yang sama juga terdapat area rumah diatas pohon yang bisa ditempati foto selfie oleh 2 orang. Dari area rumah pohon kita dapat menikmati pemandangan luas nan indah diantaranya adalah perbukitan dan aliran sungai.

Area Wisata Plaza Rengganis

Indahnya Plaza Rengganis, Wisata Alam di Lereng Gunung Argopuro Jatim

Wisata utama Plaza Rengganis Selanjutnya, adalah Wisata utama yang terdiri dari 3 spot yaitu:

1. Teras Plaza Rengganis, terdapat Tulisan besar bernama Plaza Rengganis.
Indahnya Plaza Rengganis, Wisata Alam di Lereng Gunung Argopuro Jatim

2. Ikon Cikasur Savanna, Ikon ini mewakili Salah satu savana kebanggaan Kabupaten Situbondo yaitu Savana Cikasur Argopuro atau penduduk lokal menyebutnya dengan nama Sekasor.
Indahnya Plaza Rengganis, Wisata Alam di Lereng Gunung Argopuro Jatim
3. Spot Kaca diatas ketinggian, spot kaca ini berada disebelah barat dari Spot Plaza Rengganis, untuk sampai di Lokasi ini kita perlu menuruni tangga dan tiba di Spot Kaca.
Indahnya Plaza Rengganis, Wisata Alam di Lereng Gunung Argopuro Jatim
Spot Kaca di Plaza Rengganis menjadi lokasi yang cukup menantang adrenalin, mengingat jika kita akan melakukan pengambilan foto harus berdiri diatas kaca bening yang tepat dibawahnya menjorok tebing yang cukup curam.

Jangan lupa kapasitas pengunjung hanya diperbolehkan 6 orang untuk berdiri diatas spot kaca Plaza Rengganis, jika lebih maka bisa berfoto secara bergantian.

Pondok Kopi Baderan

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Desa Baderan namun tidak menikmati rasa dan aroma Kopi Arabika Lereng Utara Gunung Argopuro. Pondok Kopi Baderan adalah rumah produksi Kopi Arabika yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Baderan dan menjadi salah-satu Produk Unggulan Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang.

Di Pondok Kopi Baderan pengunjung dapat menikmati sajian Kopi Arabika yang diolah secara tradisional dengan Cita Rasa Khas Lereng Gunung Argopuro. Selain itu Pondok Kopi Baderan juga menyediakan homestay bagi pengunjung wisata di Desa Baderan yang ingin bermalam dan menikmati suasana kehidupan Masyarakat Desa Baderan.

Sumber: Pokdarwis Desa Baderan - Sumbermalang

BACA ARTIKEL WISATA LAINNYA
Previous Post Next Post