CAGAR BUDAYA YANG TERLUPAKAN #108

-

Wisata Situbondo || gaesss...Ada yang tau dengan istilah cagar budaya?

nih, sedikit berbagi pengetahuan untuk para pembaca yang ganteng dan cantik dimana pun berada.


Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan. (UU nomor 11 tahun 2010)


Jadi unsur paling penting dalam kecagarbudayaan adalah, sesuatu yang bersifat kebendaan.


Benda yang bagaimana? benda yang memiliki unsur narasi sejarah, benda yang mewakili lini masa tertentu, benda yang memiliki sifat sosial, dan benda yang biasanya berusia lebih dari 50 tahun.


Gaeesh, sudah kita ketahui desa patemon, kecamatan bungatan, kabupaten situbondo, propinsi jawa timur, sejak dulu dikenal sebagai salah satu spot yang memiliki kekayaan peninggalan benda bersejarah megalit diantaranya yang terkenal sebaran batu sarkofagus (bendusah, makam batu) termasuk juga kebudayaan dan perilaku masyarakat yang ada disana, pesona kecantikan alam dengan kondisi geografis yang unik yaitu tepat berada di dasar kawah gunung purba ringgit menjadikan desa patemon makin eksotis.


Ceritanya mimin kemarin berkunjung ke desa patemon, menemui sahabat yang kebetulan juga ketua POKDARWIS Patemon, setelah kami berbincang ternyata beberapa hari lalu ada kejadian perburuan benda cagar budaya, miris ya....


Akhirnya atas kesadaran warga bersama pemerintah desa patemon melakukan upaya penangkapan terhadap pelaku. ternyata kesadaran warga tentang cagar budaya di luar desa patemon masih rendah. saat di interogasi di ruang polsek, pelaku mengaku karena desakan ekonomi, benarkah?


Keluarnya perdes tentang sejarah desa dan desa sejarah yang dimiliki desa patemon, menjadi dasar kesadaran bersama bagi masyarakatnya untuk lebih melindungi benda-benda tersebut. apa jadinya jika benda-benda sejarah itu dijarah oleh para pemburu dan diperjual belikan di pasar gelap? maka hilanglah sejarah murni kita dan akhirnya anak cucu kita kelak tidak akan pernah tau sejarah kabupaten situbondo yang sebenarnya.

Beberapa temuan kebendaan, yang terlihat remeh tapi memiliki nilai tinggi temuan beberapa warga yang dikumpulkan:

Cagar Budaya Situbondo yang terlupakan


Cagar Budaya Situbondo yang terlupakan

Cagar Budaya Situbondo yang terlupakan

Cagar Budaya Situbondo yang terlupakan

Cagar Budaya Situbondo yang terlupakan

Bagaimana dengan sejarah desa kalian gaes? siap menggali informasi? siap melindungi dan melestarikan demi anak cucu kita kelak?

Temukan sejarah wilayahmu, maka kamu akan cinta dan bangga dengan kabupatenmu sendiri. hubbul wathon minal iman


#savecagarbudayaIndonesia

Selamat Hari Purbakala ke 108🇮🇩❤️

(AG)


2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama