Santri PP. Walisongo Mimbaan Situbondo, Berinovasi Ditengah Permasalahan Berkepanjangan

-

Ditengah polemik berkepanjangan di negeri ini tentang permasalahan kesulitan untuk mendapatkan minyak goreng, kalau pun ada harga juga sulit untuk dijangkau. Pada kesempatan ini, mimin sowan dan bisa bertemu langsung dengan KHR. Kholil As'ad Syamsul Arifin, pengasuh Pondok Pesantren Walisongo Situbondo. Dalam pertemuan kecil tersebut banyak hal yang dibahas terutama tentang konsep permasalahan sosial yang lagi trend terjadi di masyarakat.




silaturahmi bersama KHR. Kholil As'ad Syamsul Arifin

Justru kami mencoba menginisiatif sebuah langkah mencari solusi atas permasalahan tersebut, kata beliau. 


Dalam lingkungan pondok pesantren Walisongo beberapa minggu kemarin justru mengadakan lomba temuan inovasi yaitu tentang pembuatan minyak goreng secara tradisional. Di dalam pesantren santri-santri membuat lomba inovasi dan yang menjadi perhatian adalah temuan minyak goreng dari kelapa yang lebih efisien dan higienis, yang proses pembuatannya ada 2 yaitu membuat dengan proses menggunakan api dan tidak menggunakan api. para santri sampai menemukan tehnik membuat Virgin Coconut Oil (VCO) yang manfaatnya lebih menyehatkan bagi tubuh manusia serta warnanya lebih bening daripada minyak goreng di pasaran, dan lebih sehat kalau menggunakan minyak goreng alami yang katanya orang dulu namanya "minyak kalettek" kata beliau saat ditemui di mushollah kediamannya. Harapannya nanti temuan ini bisa disosialisasikan langsung kepada masyarakat, supaya masyarakat tidak kebingungan, kasihan para ibu-ibu yang di dapur kan? seloroh beliau.


ilustrasi VCO, sumber hellodoc.com


Ekonomi kreatif seperti ini memang harus disosialiasikan supaya berguna dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat. bahkan jika benar diseriusi bisa sebagai salah satu upaya penghasilan keluarga dan masyarakat. Kemudian beliau meminta asisten pribadinya, Haji Azis untuk membacakan beberapa fungsi dan manfaat dari virgin coconut oil tersebut sekaligus didengarkan oleh para tamu dalam ruangan tersebut.






suasana dalam PP. Walisongo Mimbaan Situbondo

Insyaalloh mungkin dalam bulan puasa nanti kita akan adakan lomba membuat minyak kelapa dengan kualitas yang paling baik di dalam Pondok Pesantren, yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, imbuhnya.


Seperti kita ketahui bahwa Kabupaten Situbondo memiliki banyak potensi kelapa di tiap-tiap desa, dengan kondisi saat ini semuanya kita seolah dipermudah dengan adanya minyak goreng yang gampang dan banyak ditemui di toko-toko peracangan sampai kita lupa, leluhur kita itu sudah mengajarkan tentang cara membuat dan mengolah sumber daya alam meskipun secara tradisional, marilah kita kembali ke jatidiri bangsa dan mengingat tentang peninggalan budaya nenek moyang kita yaitu kembali ke alam, yang lebih natural dan banyak memiliki manfaat bagi kita semua.

Dalam kesempatan ini, mimin dikawal oleh sahabat-sahabat dari NKI untuk sowan ke ndalem PP. Walisongo Mimbaan Situbondo.(AG)


Salam Kreatif, Salam Inovatif...




2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama