NASI SUNAMI, KULINER LEGENDARIS SEJAK 1961


Nasi Sunami, Kuliner Legendaris Sejak 1961
Nasi SUNAMI atau Nasi SABUR
Assalamualaikum, Sobat Traveller Indonesia ๐Ÿ™๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Wisata Situbondo || Malam ini mimin admin ceritanya habis kegiatan Live streaming talk show bersama teman-teman aktifis wilayah second city timur situbondo. Karena perut agak keroncongan alias lapar ditengah malam, salah satu sahabat saya mengajak cari makan malam, anggeplah kita mau GALA DINNER ๐Ÿ˜‚.
Nasi Sunami, Kuliner Legendaris Sejak 1961
Taman Kota Asembagus
Pucuk dicinta ulam pun tiba, Pak Kadir sahabat saya mengajak makan.
Disela-sela acara makan itu beliau banyak menceritakan sejarah makanan tradisional yang namanya Nasi SUNAMI. 
Nasi Sunami, Kuliner Legendaris Sejak 1961
Penampakan Nasi Sabur Asembagus
Agak aneh ya gaeeessshh namanya? Nasi kok bernama sebuah bencana ๐Ÿ˜‚, ya...dalam benak saya bencana yang bikin perut kenyang ๐Ÿ˜‚.

Ternyata cerita pak Kadir, bahwa ibu SUNAMI itu adalah orang tuanya sendiri yang pertama kali menjual nasi tersebut. Sebagian masyarakat memberi nama yang berbeda-beda, ada yang bilang ini Nasi Sabur (karena ada saburnya, yaitu parutan kelapa yang digoreng), ada yang bilang Nasi Kucing (karena takaran nasinya yang sedikit seperti takaran porsi untuk kucing๐Ÿ˜‚), ada yang menyebut Nasi Parlo (suguhan makanan pada saat pesta perkawinan secara tradisional), Nasi Ringgit (karena yang jual saat ini ada di depan toko ringgit), termasuk sebutan Nasi Sunami (karena yang jual namanya buk SUNAMI).
Nasi Sunami, Kuliner Legendaris Sejak 1961
Suasana malam warung yang menjual nasi sabur
Cerita pak Kadir, bahwa Buk SUNAMI menjual nasi Sabur tersebut sejak tahun 1961 di depan pasar Asembagus awalnya, buka lapaknya dulu mulai jam 02.00 WIB sampe pagi. Seiring kebutuhan para pelanggan, akhirnya buka jam 12.00 malam. Dan sekarang usaha jualan nasi tersebut dilanjutkan oleh anak keturunannya dari Buk SUNAMI, dengan resep masakan warisan tentunya. Saat mimin diajak mereview Nasi Sabur atau Nasi Sunami tersebut citarasanya khas dan berkarakter dari jaman dulu tidak berubah, makanya para customer dan pelanggannya selain dari warga sekitar asembagus, situbondo juga dari luar situbondo terutama pengguna Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi. 
Nasi Sunami, Kuliner Legendaris Sejak 1961
Suasana malam jalan raya Situbondo-Banyuwangi
Para supir truk antar propinsi, para supir bis malam, travel malam atau para pengguna jalan raya ini pasti tidak asing  dengan Nasi Asembagus. Ternyata sebagian customer Nasi SUNAMI ini sangat istiqomah meski sekedar beli nasi bungkusan tersebut kemudian langsung pergi dan tidak dimakan ditempat, ada juga yang makan ditempat karena memang disediakan meja kursi untuk makan Nasi SUNAMI tersebut. Sebenarnya Nasi SUNAMI ini cukup sederhana, saat dibuka dari bungkusannya. 
Di bungkus dengan kertas koran yang didalamnya menggunakan kertas lapisan, diantara nasi itu ada lauk daging sapi dengan kuah santan kental semacam kare tapi daging sapinya empuk banget, kare tahu, sambal korek dan sabur, nasinya pun menggunakan beras pilihan yang punel sehingga menambah citarasa yang gurih dan nikmat. 

Harganya pun sangat terjangkau, hanya 10.000 rupiah saja per bungkus.
Untuk menikmati Nasi SUNAMI sangat mudah dijangkau kendaraan karena berlokasi tepat disebelah perempat Taman Kota Second City Asembagus, di sisi Utara, depan toko ringgit atau pada koordinat -7.749365, 114.217932 kalo dari arah barat berada di sisi Utara lampu merah Asembagus, kalo dari sisi arah timur berada di kanan lampu merah Asembagus.

Meski sederhana dan murah, Nasi SUNAMI yang makan golongan THE HAVE loh gaess ๐Ÿ˜‚ termasuk pak DADANG (bupati situbondo) pun juga sangat menyukai makanan kuliner malam ini.
Lapak Nasi SUNAMI ini sekarang buka mulai habis magrib hingga pagi, jadi menu kuliner malam ini memang cocok dijadikan referensi menu makan malam apalagi untuk perjalanan jauh, terlebih lagi saat kondisi lapar puuffhh....cocok banget gaesssshhh ๐Ÿ˜‚
Test drive citarasa Nasi Sabur Asembagus
Test drive citarasa Nasi Sabur Asembagus
Oke gaeeessshh, udah mimin review menu makanan legendaris Asembagus yang citarasanya bikin kangen dilidah dan perut, sangat rekomendeeet dah pokoknya, kalo mimin kasih penilaian ⭐⭐⭐⭐⭐ deh, Dan yang pasti buat kalian pada saat berkunjung ke Asembagus atau saat melintas di Asembagus, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur, jangan lupa incip-incip minimal 10 bungkus deh Nasi SUNAMI yang legendarisi ini yaaaa...

Sampai ketemu lagi
Salam Kuliner, Salam Pariwisata Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Wassalamu'alaikum ๐Ÿ™ (AG)

BACA INFO KULINER LAINNYA

2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post