Stasiun Kopi Situbondo Tempat Nongkrong Komunitas Beraroma Bangunan Sejarah

-




Wisata Situbondo || Bagi kawula muda Situbondo, nama warkop Stasiun Kopi ini sudah tidak asing lagi di telinga mereka.


Berlokasi di sisi sebelah tenggara dari bekas bangunan ODCB (obyek diduga cagar budaya) Stasiun Kereta Api Situbondo, yakni di Dusun Krajan, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo., atau lebih mudah dijangkau melalui sisi selatan kantor PLN Situbondo.


Bangunan ex Stasiun Kereta Api Situbondo 


Menelisik kisah lalu, awalnya warung kopi ini bernama warkop Kang Dodik yang berlokasi di Jalan Anggrek Situbondo. Tempat nongkrong dan beraktualisasi para pemuda Situbondo kota saat itu. Pada tahun 2019, kemudian pindah lokasi ke kawasan sekitar stasiun situbondo di Sumberkolak.


Dodik Prasojo (44),  salah satu pengusaha muda yang berani mewadahi dan menyediakan tempat untuk nongkrongnya para pemuda lintas komunitas tersebut.


Dodik Prasojo, Pengusaha Muda Situbondo 


" Saya mulai buka usaha jualan kopi bermodalkan nekat nol rupiah sejak 2010 di garasi kafe, 2012 di depan DPRD trotoar dengan model PKL, 2013 di jalan kenanga dengan menyewa rumah tidak terpakai, 2015-2020 pindah ke sini, tidak mudah memang untuk sekedar jadi bakul kopi tradisional, semua butuh waktu dan perjuangan panjang," kenang Dodik.


" Sejak di Garasi dulu yang berlokasi di depan kantor Polres Situbondo, tempat saya selalu dijadikan acara kumpul-kumpul dari berbagai jenis komunitas terutama para musisi, komunitas literasi, komunitas pencinta motor dan komunitas lain di wilayah Situbondo dan itu berlangsung hingga saat ini meski tempatnya sudah pindah ke sekitar Stasiun," kata pengusaha muda kelahiran Sidoarjo tersebut.


Trend ngopi dikalangan anak muda Situbondo sangat tinggi terutama saat waktu senggang. Tak hanya sekedar ngopi tetapi nuansa diskusi, silaturahmi menjadi topik utama. Tempat yang sederhana, nyaman dan tidak ramai oleh lalu-lalang kendaraan serta lokasi yang mudah dijangkau adalah pilihan ideal untuk nongkrong.


Suasana tampak depan Stasiun Kopi Situbondo 

Gate Utama Stasiun Kopi Situbondo 

Sesekali tempat ini (stasiun kopi) dijadikan tempat untuk mengadakan even-even yang digagas oleh para pelanggan itu sendiri, misalnya kegiatan live musik, seminar, lokakarya dan pelatihan, ungkap Dodik.


Produk unggulan warkop Stasiun Kopi Situbondo adalah produk suguhan kopi Arabika specialty, selain organik harganya pun terjangkau. Kopi yang disuguhkan pun tak main-main, yaitu Kopi Arabica Kayumas yang memiliki citarasa khas dan pernah dinobatkan sebagai Kopi terbaik Nusantara di acara Festival Kopi Nasional di Bali. 


Perpaduan antara citarasa, gaya hidup dan suasana keharmonisan bisa di dapatkan ditempat ini. Dodik, punya harapan besar dengan menghadirkan tempat Nongkrong yang memiliki nilai tinggi ini, tempat kuno yang awalnya tidak menjadi perhatian publik sekarang menjelma menjadi tempat yang menyenangkan.


Ngopi bareng Pak Kampong


Kemajuan UMKM Situbondo diberbagai sektor adalah impian terbesarnya, sehingga akan memantik banyak pihak untik menciptakan ekosistem perekonomian lokal, baik itu persaingan sehat, permodalan, infrastruktur dan semua yang berkaitan dengan kemajuan kabupaten Situbondo.


Warkop ini kami buka biasanya sejak pukul 08.30 wib sampai jam 01.00, kecuali ada book dari teman-teman yang memesannya, lanjut dodik.


Suasana halaman yang terlihat asri

Frontline Service 

Interior klasik

Lahan parkir yang luas

Bangunan milik PT. KAI Daop 9 Jember ini, dikelola oleh masyarakat, karena sudah lama tidak difungsikan sejak berhentinya kegiatan operasi perkereta-apian di Situbondo.


Menilik sejarahnya, bangunan yang sekarang dimanfaatkan sebagai kegiatan UMKM ini berdiri sejak tahun 1897. Nama asal Staatsspoorwegen, didirikan pada tanggal 1 Oktober 1897 oleh pemerintah Hindia Belanda.


Stasiun kereta api Situbondo adalah salah satu  jantung transportasi penting di jamannya, selain untuk mengangkut masyarakat juga untuk mengangkut hasil sumber daya alam di sekitar tapal kuda jawa timur yang meliputi Jember, Bondowoso, Banyuwangi dan Panarukan (situbondo, hari ini)



Penyediaan lahan parkir yang cukup luas, fasilitas toilet dan beberapa gedung kuno yang memiliki sejarah panjang peradaban masyarakat Situbondo akan mudah ditemui saat berkunjung ke Stasiun Kopi Kang Dodik Situbondo.



SUPPORT BY :











Post a Comment

Lebih baru Lebih lama