Tanaman Unik Dari Mexico Ada di Situbondo, benarkah?

-

Wisata Situbondo || Pagi ini mimin sedang perjalanan bersama rombongan tim ekspedisi Balumbung untuk menelusuri jejak peradaban tinggalan benda-benda ODCB disekitar wilayah Mellek, masyarakat sekitar menyebutnya dengan situs Mellek (Banyuputih, Situbondo).


Saat penelusuran itu, (24/6) secara tak sengaja kami pun menemukan sejumlah tanaman unik.
Sontak saja kami berhenti untuk melihat dari dekat tanaman tersebut. Sekitar 2 petak saja tanaman agave ini sengaja ditanam dengan jarak 1,5 sampai 2 meter jarak tanamnya.


Agave Tequilana atau Blue Agave


Terlihat seperti tanaman kaktus atau tanaman bunga yang pernah kami lihat dibeberapa tempat. Seperti tanaman buah nanas yang berukuran besar, berdaun lebar memanjang, sisi daun bergerigi (berduri) dan ujungnya lancip sangat tajam terlihat tanaman tanpa batang karena ditutupi daun-daun yang menempel diatasnya.


Beberapa waktu lalu mimin pernah melihat tayangan pada salah satu channel youtube yang mengunggah tanaman ini.

 
Hanya saja dalam tayangan tersebut, tanaman yang kemudian dikenal dengan nama Agave Tequilana ini, berada di Mexico.


Musim Panen Agave Tequilana (tangkapan layar youtube) 

Penampilan petani Mexico yang berbeda dengan petani di Indonesia


Tanaman khas beriklim tropis dari negara Amerika Latin ini, sangat familiar di kalangan masyarakat Mexico. Agave Tequilana merupakan tanaman yang memiliki umur panjang dengan tingkat kematangan batang antara usia 8-10 tahun, dengan banyak kelebihan.


Batang agave yang telah dikupas dan dibelah mirip buah nanas jumbo


Tanaman ini mampu bertahan pada musim kemarau panjang dengan curah hujan rendah, lahan yang tandus dan cenderung tidak produktif.


Tanaman Agave memiliki banyak varian, diantaranya Agave Amerika, Agave Attenuata (jenis leher angsa), Agave Filifera, Agave Geminiflora, Agave Parryl, Agave Kentangrium, Agave Salmiana, Agave Sisalana, Agave Tequilana, Agave Victoriae Reginae.
Biasanya orang florist (pecinta bunga dan tanaman) akan sangat mudah mengenal jenis Agave karena tiap bentuk yang berbeda.


Dihalaman rumah atau di kebun masyarakat pedesaan biasanya mudah ditemui tanaman Agave yang di ujung daunnya dipasangi cangkang telur, sehingga terlihat unik sebagai tanaman hias.


Cheers Tequila ala orang barat


Jenis Agave Tequilana di negara Mexico dijadikan bahan baku untuk membuat minuman khas tradisional. Melalui beberapa proses produksi nantinya akan menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi tinggi.


Tidak hanya sebagai bahan baku minuman tequila saja, kandungan Agave tequila memiliki kandungan serat tinggi, unsur fruktosa, glukosa aguamiel bisa dijadikan bahan pemanis dan sirup,  bahan baku untuk industri sabun dan produk kosmetik.



Sepertinya tanaman ini bisa dijadikan bahan baku alternatif pengganti gula yang berbahan tebu ya gaes... Jika dilihat dari unsur fruktosa dan unsur glukosa yang tinggi.


Bangsa asing biasa merayakan kebahagiaan bersama dengan menikmati koktail dan tequila


Beberapa marketplace juga mulai menawarkan bibit agave Tequilana dengan berbagai varian harga yang terjangkau. Tak disangka ternyata tanaman unik ini sangat mahal di pasar Amerika dan Eropa, pastinya permintaan Agave Tequilana saat ini sangat tinggi karena stok barang yang terbatas. 


Bagaimana, apakah sobat Wisata Situbondo berminat mencoba untuk mengembangkannya? 

TEQUILAAAA...!!! (AG)





Support by :














Post a Comment

Lebih baru Lebih lama