40 Hari Ritual Selamatan Tahlil Haji

-

Wisata Situbondo || Sudah 6 hari Ahmad alias Pak Risky dan Sumiyati alias Buk Risky mereka mendarat di tanah suci Mekkah. Tak cuma mereka berdua, tentu saja para jamaah haji dari Kabupaten Situbondo dan jamaah haji dari Kabupaten lainnya.


Suasana para jamaah haji sedang Tawaf di Ka'bah


Dalam beberapa hari lagi mereka akan melaksanakan ibadah haji wajib. Persiapan mental terutama kondisi fisik harus mereka persiapkan segala sesuatunya.


Mereka bermunajad dan memanjatkan doa tanpa henti sambil berTawaf


Sejak keberangkatan (19/6) dari kediaman masing-masing peserta haji 2023 isak tangis pecah melepas keberangkatan mereka dengan iring-iringan konvoi memadati jalan raya.
Bagaimana dengan keadaan yang ada di rumah? Sanak keluarga yang ditinggalkan? 

Hal ini tak luput dari persiapan materi yang harus mereka tinggalkan untuk ritual yang lain.
Jika mimin gambarkan, para jamaah haji sedang berangkat dan menunaikan ibadah hajinya di tanah suci Mekkah-Madinah, yang di rumah juga melakukan ritual selamatan tahlilan yang melibatkan anggota keluarga, para tengga dan sanak saudara lainnya.
Kegiatan selamatan tahlilan ini berlangsung sampai kedatangan rombongan haji tiba di tanah air, termasuk di halaman rumah masing-masing. 


Ritual selamatan tahlil di rumah salah satu peserta haji 2023


Selama 40 hari ritual selamatan tahlil dilaksanakan dengan mengikuti jadwal mereka menunaikan ibadah haji di Mekkah.
Tujuan ritual selamatan tahlil ini untuk mendoakan mereka (keluarga) yang sedang berangkat haji. Dengan harapan perlindungan keselamatan pulang-pergi, perlindungan kesehatan selama menunaikan haji dan diberikan kemudahan-kemudahan tanpa aral rintangan apapun selama ada di Mekkah. Harapan menjadikan mereka haji yang mabrur dan mabruroh adalah dambaan setiap orang yang berangkat kesana.

Peserta selamatan tahlil sampai meluber ke halaman rumah


Suguhan kuliner sederhana akan menjadi menu harian saat ritual selamatan tahlil dilaksanakan. Termasuk daging sapi dengan berbagai olahan yang berbeda setiap harinya, yang diambil dari sapi kurban saat ritual "panyambhelli" beberapa waktu lalu.

AGENDA DESA WISATA

Terpantau dari informasi digital Accuracy Weather, saat ini cuaca di Mekkah negara Arab Saudi berkisar antara 44-45° Celcius. Bisa kita bayangkan betapa berbeda sekali dengan cuaca yang ada di Indonesia yang berkisar antara 29-33° Celcius itu sudah terasa sangat panas yang menyengat di kulit kita. Bagaimana dengan mereka disana? (AG)



Support by :












Post a Comment

Lebih baru Lebih lama