Pengembangan Potensi Desa Wisata Bersama Asidewi

-

 

Wisata Situbondo || Sejak hari senin tanggal 27 Pebruari 2023 mimin turut serta tim Tim Asidewi (asosiasi desa wisata indonesia) dalam sebuah perjalanan menuju salah satu desa wisata terbaik di Jawa Timur dengan segudang prestasi yang pernah di raihnya. 


Keindahan serpihan surga tersembunyi di Tamansari

Mulai dari level Kabupaten hingga level nasional dan yang paling terakhir di tahun 2023 ganjaran dari ajang bergengsi kelas ASEAN yaitu Asean Community Based Tourism 2023.


plakat penghargaan ajang bergengsi level ASEAN bidang pariwisata berbasis masyarakat



Kesempatan untuk belajar kembali ke kabupaten tetangga yakni Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur bersama tim Asidewi, ibarat mengulang kisah di tahun 2015 awal mimin "diculik mas ketum Asidewi, Andi Katip" untuk belajar ke beberapa desa lintas kabupaten selama 7 hari, salah satunya adalah mimin belajar tata kelola desa wisata di desa Tamansari. Adalah pak Mahsun, salah satu orang hebat yang awal mimin ketemu dengan pelaku desa wisata handal di Jawa Timur saat itu.



Sudah tak terasa 7 tahun berjalan, mimin masih menjadi bagian dari tim Asidewi dengan segala aktifitasnya dibidang pengembangan pariwisata desa. Mengenal desa wisata salah satunya dari guru mimin yakni, Andi Katip, ketua umum salah satu lembaga masyarakat yang telah mendedikasikan bersama tim membangun banyak desa wisata di Indonesia, perjalanan kiprah Asidewi selama 12 tahun pun, mimin diberi kesempatan untuk belajar kembali bersama guru lapangan. dan titik lokasi belajarnya pun tetap di desa wisata keren ini. 


Kades Rizal (baju putih) dalam diskusi ringan dalam pembangunan berkelanjutan


Bertemu dengan pak Mahsun kembali ceritanya, tetapi yang paling membuat mimin kagum adalah karakter rendah hati yang selalu ingin belajar, belajar dan terus belajar. sangat mengagetkan bahwa dalam posisi puncak saat ini, beliau masih mengundang kami untuk menggali ide-ide baru untuk pengembangan potendi desanya. Dalam kegiatan ini, kami pun diajak melakukan kajian lapangan, diskusi ringkas bersama ketua bumdes pak Yatman beserta tim, bertemua dengan tim dispar kabid ekraf, pokdarwis, kabid pariwisata kabupaten lumajang mas lukman dan tim yang secara tak sengaja pun turun belajar bersama dalam kajian selama 4 hari 3 malam di desa Tamansari, Banyuwangi.


sisi belakang balai desa Tamansari



Beberapa tempat destinasi yang kami kunjungi yang akan menjadi spot pengembangan di desa Tamansari adalah Waduk Londo. Dengan di dampingi mas dino tim kajian pengembangan fasilitas arsitektur, mas aang tim pemetaan kawasan, dan mas gus suhep pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan master plan landscape, mimin diajak diskusi seri pengembangan rencana pendirian museum desa digital.


keindahan sendang Seruni Tamansari


Sendang Seruni dengan keindahan alam yang sangat eksotis


Waduk Londo salah satu titik pengembangan destinasi wisata


Seperti pulang kampung kembali ke desa Tamansari, setelah lama tak berkunjung dan memang banyak mengalami perubahan, jika mimin simpulkan desa Tamansari memang layak menjadi desa terbaik Asean 2023. Prestasi puncak pariwisata berbasis masyarakat setingkat kawasan Asean adalah bukti nyata kiprah pak mahsun, kades Rizal dan Ketua bumdes pak Yatman. 


diskusi pemaparan kajian setelah survey lapangan


Hal ini sangat membanggakan bagi masyarakat Banyuwangi dan Jawa timur pada umumnya. Diskusi tentang homestay berbasis aplikasi, keterlibatan dunia usaha dalam pengembangan desa wisata, membangun sinergisitas antara masyarakat bersama pemdes tamansari, pemkab banyuwangi sampai kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif, strategi digital marketing dan tata kelola desa serta hasil kajian kami dalam bentuk laporan sementara menjadi menu kurikulum mimin dalam kegiatan belajar bersama di desa Tamansari. Dan sepertinya mimin merasakan masih banyak prestasi-prestasi yang ingin diraih oleh desa Tamansari untuk beberapa tahun kedepan ditengah suasana normal saat ini. 


eksotisnya Terakota Gandung Sewu di Tamansari






Semoga hasil belajar mimin kali ini bisa di aplikasikan nanti juga di situbondo bersama teman-teman pokdarwis terpadu situbondo. (AG)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama