SENTUHAN TANGAN ORANG PANARUKAN SAMPAI DI USA

-

Wisata Situbondo || Perjalanan mimin kali ini mengunjungi salah satu pengusaha industri kreatif yang berada di Dusun Karangsari, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.


Bahan Baku Limbah Kulit Kerang


Secara kebetulan mimin singgah dan melihat banyak barang-barang hasil kerajinan tangan, beberapa orang juga terlihat sibuk dengan pekerjaannya, kebanyakan pantauan mimin di lokasi hampir 90% berbahan limbah laut yang dikonversi menjadi benda bernilai. Chapiz salah satu yang mimin tahu, berbahan kulit kerang "kapes" setelah daging kerang dikeluarkan dan dikonsumsi kulit kerang tersebut tidak serta merta dibuang tetap dikumpulkan dan diolah kembali untuk menjadi barang berharga dan bernilai tinggi. 


Bahan baku sedang proses pembersihan


Penuturan sang owner M. Soleh, usaha kerajinan home industri di mulai sejak tahun 2012, diawali dari mengambil limbah-limbah kerang yang ada di sekitaran Panarukan yang kemudian dijual dan ditawarkan langsung ke beberapa art shop di Bali. Sebelum itu saya sempat ikut kerja nelayan dan kerja ke seorang pengusaha surfing mini kayu yang di drop ke salah satu pusat oleh-oleh terbesar di Bali.


Beberapa hasil kerajinan yang terpajang

 

Perjalanan panjang mulai modal minim dengan mengandalkan kemampuan untuk mengolah limbah laut kemudian menghubungi beberapa koleganya di Bali, akhirnya mulailah orderan dari beberapa art shop yang menjual kerajinan. Pernah mas, saya rugi sampai 6000 piece gagal terkirim gara-gara barang berjamur akibat ruang penyimpanan yang tidak memenuhi standart, dengan harga estimasi per piece perkiraan antara Rp. 50.000-100.000, ujarnya saat menemui mimin ditempat kerjanya. Sementara untuk proses produksi lumayan membutuhkan modal yang juga tidak sedikit, imbuhnya.


Lonceng angin chapiz


Kini barang produksi dari home industri dari M. Soleh sudah bisa tembus pasaran negara-negara Timur Tengah dan negara Amerika Serikat. Kisah unik bagaimana beliau berinteraksi bisnis dengan kolega yang dari luar, yakni beliau menggunakan google translate atau penterjemah yaitu adik iparnya sendiri.


Lonceng angin chapiz setelah pewarnaan


Alhamdulillah mas, usaha ini juga memberikan dampak sosial positif kepada masyarakat sekitar dengan mempekerjakan beberapa pemuda sekitar rumah, minimal mengurangi jumlah pengangguran di desa saya mas, ujarnya.


Produk dalam kemasan one piece


Dibeberapa kesempatan user yang dari luar negri juga berkunjung dan melihat langsung proses pembuatan Lonceng Angin Chapiz tersebut sekaligus menilai kualitas barang yang sedang dibuatnya. Tamu dari Washinton DC, Amerika Serikat datang bersama rombongan kesini mas, termasuk beberapa pemilik art shop juga datang kesini beberapa waktu lalu sebelum kondisi covid, pungkasnya.


Kerajinan tangan siap pengiriman ke Washinton DC, USA


Bahan baku pun sekarang tidak hanya diambil dari sekitar Panarukan tetapi juga dari luar Situbondo, seperti dari mendatangkan dari pulau madura, daerah semarang dan sekitarnya.


M. Soleh bersama karyawannya


Sempat mimin mencari info dibeberapa platform perdagangan digital seperti ebay, amazon dan alibaba, terpampang harga barang usang yang telah diolah dengan tangan terampil dari M. Soleh beserta tim worknya tertulis harga paling rendah USD 23.00 di amazon dan harga USD 44.00, dengan kurs dolar amerika saat ini Rp. 15.786,15. Jadi jika dikalkulasi per piece dijual di Amerika seharga 44.00 x 15.786,15 = Rp. 694.590,6 😱 wow !!! gila yaaaa gaesh..






Kesibukan setiap hari di bengkel kerja


Untuk bahan kayunya, beliau juga membeli dari tanaman jati kebon milik warga disekitar desa Kayumas dan desa Kukusan, terkadang juga masih mendatangkan dari kabupaten Bondowoso dan Jember. Beberapa jenis hasil kerajinan tangan selain lonceng angin chapiz juga berupa surfing mini, boneka dambo, lonceng angin berbahan pecahan botol dan kaca bekas, Dream Catcher, Tirai Kulit Kerang yang dikirim ke negara Belanda, yang semuanya dilakukan proses manual dan beberapa mesin sederhana.


Jika awalnya hanya diorder 5000 pieces, M. Soleh sekarang mendapatkan job order unlimited 😱 dari costumer di Amerika, saya juga taat pajak mas sebagai warga negara yang baik, karena itu bagian dari hak dan kewajiban saya sebagai warga negara indonesia.


Bagaimana cara kerja lonceng angin chapiz ini? ternyata cukup digantungkan pada tempat yang bersirkulasi angin semilir baik itu di depan teras rumah, atau pun di dekat daun jendela dan akan membuat lembar chapiz tersebut akan beradu satu sama lain sehingga menimbulkan bunyi yang unik, seru juga ya gaessh...


Kalian berminat memiliki lonceng angin chapis seperti ini? datang saja ke lokasi tertera di atas, bisa pesan dengan model chapis love, kotak, bulat dan sebagainya Atau berminat menjadi mitra dagang sang owner pun juga bisa. Oke gaees, setelah percakapan singkat dengan M. Soleh sang owner, mimin pun pamit pulang dan ternyata dapat oleh-oleh lonceng angin chapiz yang unik ini. (AG)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama