PESONA TAMAN BATUAN PURBA WIDOROPAYUNG
Cari Berita

PESONA TAMAN BATUAN PURBA WIDOROPAYUNG

Selasa, 02 Juni 2020

AKSEBILITAS

Untuk menuju Desa Wisata Widoropayung bisa diakses melalui 2 jalur, pertigaan demung membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit dan dari arah pertigaan polsek besuki kira-kira 15 menit menuju arah selatan, kendaraan roda 4 bahkan bis bisa masuk.

Beberapa tanda arah pada setiap persimpangan jalan akan terlihat, arah menuju Kecamatan Sumbermalang, sangat mudah menuju desa widoropayung terutama simpang tiga akan terdapat pasar widoropayung yang cukup ramai setiap harinya.

TAMAN BATUAN PURBA

Pemandangan dari puncak taman BTM

Spot unik dan alami

Batu gravitasi bumi

Areal persawahan penduduk sekitar

Klepon cettot

Aneka macam jajanan tradisional 

Citarasa yang manis dan nikmat

Pattola dari ketela

Dokar kendaraan traditional yang hampir punah

(dokumentasi pokdarwis widoropayung)

BTM (Batu Man Ghigir) adalah salah satu wisata yang terletak di desa widoropayung kecamatan besuki kabupaten situbondo, awal mula nama BTM ini di cetuskan oleh pemuda-pemudi desa widoropayung, yang mana nama BTM di ambil dari nama panggilan yang sudah dikenal oleh masyarakat Widoropayung yaitu (Man Ghigir). Nah dari nama itu sejarah  BTM di ambil dulu di tempat itu ada seorang pemilik lahan batu tersebut yang tidak di ketahui namanya, yang mana seorang tersebut setiap waktu menjaga lahan tersebut, jika ada orang yang beniatan jahat di tempat itu maka oleh pemilik itu di beri peringatan atau istilah Madura (e ghigirin) / dimarahi. Sumber ini didapat dari beberapa sesepuh yang ada di desa widoropayung. Medan mistisnya lumayan loh gaeeeessssss 😁 yang penting tidak berniat jahat, merusak dan menjaga norma kesopanan, insyaallah aman terkendali.

Kembali lagi ke BTM wisata ini resmi di kenalkan kepada masyarakat luas pada tanggal 01 Januari 2018 yang bertepatan pada tahun baru, yang mana bapak kepala desa mengajak pemuda-pemudi yang tergabung dalam grup panitia HUT RI di desa Widoropayung karena melihat potensi di desa ini banyak sekali sehingga ada pikiran untuk membuat wisata natural tanpa banyak merubah lingkungan sekitar agar tetap menjadi wisata yang alami, segar dan indah. BTM ini di beri julukan BTM Natural Stone, kenapa di beri nama natural karena disana masih banyak sawah dan bebatuan besar yang masih utuh dan belum ada sentuhan tangan manusia yang mengelola lingkungan tersebut. Dan dalam pekerjaan mengelola sawah disanapun masih menggunakan cara tradisional.

Di BTM ini ada banyak bebatuan yang unik-unik dari Batu Petir, Batu Kursi Kerajaan, Batu seperti Panggung, Batu Gravitasi Bumi dan masih banyak lagi batuan-batuan yang belum tereksplore oleh mayarakat luas dan diketahui oleh masyarakat luas, dari situlah wisata ini di kembangkan. BTM ini mempunyai lahan yang cukup luas sehingga pengunjung disana dapat bersantai bersama keluarga, berselfi dan bermain disana, dapat melihat sunrise dan juga sunset disana karena BTM mempunyai, sebuah puncak di atas batu yang memiliki hamparan tanah yang rata sehingga dapat melihat sebagian desa Widoropayung dan desa lain dari atas puncak tersebut dan juga di pucak inilah kita dapat melihat gunung putri tidur dengan jelas. Saat ada di areal BTM udara sejuk dengan pemandangan hamparan sawah dan kicauan burung liar yang berterbangan akan menemani petualanganmu disini

Selain batu-batu yang menarik desa Widoropayung juga mempunyai jajanan tradisional khas dan populer banget di kalangan masyarakat luas yaitu Kue Mangkok Dherpajung (katanya kue mangkok terbaik se-besuki), klepon cettot, jengkong, pattolah jringkeng,montir, langngoi dan masih banyak lagi jajanan tradisional khas Widoropayung. 

Namanya juga tradisional gaess pasti menggunakan bahan-bahan dasar alami tanpa bahan kimia, dari jringkeng (ketela pohon yang dikeringkan) semua berbahan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan. Buat kalian yang hobi incip-incip jajanan tradisional ala pedesaan segera deh, packing ranselmu bawa oleh-oleh kue tradisional yang cukup berbeda citarasanya.

Pasar tradisional widoropayung jika kalian ingin mencoba berbelanja bisa jam pagi atau sore, semuanya akan tumpah ruah di pertigaan jalan yang menuju desa alas tengah dan sumbermalang. Jika beruntung akan ada kendaraan traditional dokar yang melintas, kamu jika ingin mencoba menaikinya dan berkeliling desa widoropayung dg tarif yang sangat murah. Dokar adalah salah satu kendaraan traditional yang mulai punah dan sangat sulit ditemui saat ini.

Lupa gaeeeessssss 😁 buat cowok yang hobi hunting tembakau besukian, sebelah timur pasar kira-kira 50 meter Utara jalan, ada toko tembakau tradisional disitu harganya murah meriah dan boleh incip-incip gratis (asal beli ya 😁)

Jika Anda Ingin Berkunjung Hubungi :
- Pokdarwis Desa Wisata Widoropayung
- Puji : 085257239951